MICROSOFT WORD
Ms.word merupakan program aplikasi pengolah kata ( word processor) yang biasa di gunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen.
A. Cara membuat dokumen baru
~ Pilih menu file pada jendela ms. Word, kemudian klik tombol general
~ Double klik pada icon blank document untuk membuat dokumen baru,
~ Jendela siap digunakan untuk pengetikan dokumen baru
B. Cara membuka file yang sudah tersimpan
~ Klik menu file dan klik open, maka akan tampil kotak dialog open
~ Pilih file yang akan di buka
~ Klik tombol open
Alternatife lain:
~ Klik tombol open file pada baris menu atak tekan ctrl+O
C. Cara menyimpan dokumen
~ Klik menu file lalu klik tombol save
~ Pada tampilan kotak dialog save, ketikkan nama file dokumen dan klik save
Alternatif lain:
~ Klik tombol save pada baris menu atau tekan tombol ctrl+S pada keyboard
D. Cara Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier dan lain-lain.
Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya telah Anda ketik, ikuti langkah berikut :
~ Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
~ Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+F.
E. Cara Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan
ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
~ Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
~ Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font
Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
F. Cara Mengatur Perataan teks dalam Paragraf
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify).
Untuk mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah berikut ini:
~ Pilih dan tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan anda format.
~ Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog paragraph akan ditampilkan.
~ Pada kotak dialog Paragraph, klik tab Indent and Spacing.
~ Pada tombol daftar pilihan, Alignment, pilih perataan teks yang anda inginkan.
~ Left untuk perataan kiri
~ Centered untuk penempatan di tengah
~ Right untuk perataan kanan.
~ Justified untuk perataan penuh di kiri dan kanan.
~ Contoh format paragraf yang Anda pilih, dapat Anda lihat pada kotak Preview.
~ Klik OK.
G. Cara Mengatur Jarak Spasi Baris
Untuk mengatur jarak spasi baris menggunakan menu, sebagai berikut :
~ Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda format.
~ Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
~ Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
~ Pada bagian Spacing, tentukan jarak spasi baris yang anda inginkan.
~ Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan jarak spasi baris yang diinginkan.
dan Double menjadi Empat.
~ Contoh format paragraf yang anda pilih dapat dilihat pada kotak Preview.
~ Klik OK.
H. Cara Mengubah Ukuran kertas dan Orientasi Pencetakan
Untuk mengubah ukuran kertas, dan orientasi pencetakan, sebagai berikut :
~ Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan.
~ Pada kotk dialog Page Setup, klik tab Paper Size.
~ Pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih dan klik ukuran kertas yang akan
Anda gunakan. Atau gunakan kotak Width untuk menentukan lebar kertas, dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertassesuai dengan keinginan Anda.
~ Pada kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan Portrait untuk pencetakan dengan posisi tegak atau Landscape untuk pencetakan dengan posisi tertidur.
~ Pada tombol daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang akan memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru.
Continuous pada titik sisip dan pengaturan baru akan dimulai pada bagian yang baru.
~ Lihat hasilnya pada kotak Preview dan klik OK untuk menutup kotak dialog.
I. Cara Mengatur Margin
Margin merupakan jarak antara tepi daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas. Apabila Andmembuka dokumen baru dengan menggunakan Blank Document, Microsoft Word akan menggunakatemplate normal dengan batas margin atas dan bawah 1 inci serta batas margin kiri dan kanan 1.2inci. Pengaturan margin akan berlaku untuk seluruh dokumen, kecuali jika Anda telah memilih tekstertentu atau membagi dokumen ke dalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin dari dokumedengan menggunakan menu, sebagai berikut ini :
~ Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan.
~ Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Margins.
~ Tentukan jarak dari batas margin yang Anda inginkan. tanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins atau menambahhkan spasi lebih pada bagian dalam ~ margin kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap) untuk daerah penjilidan jika Anda memberi tanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins.
~ Pada kotak isian Header, tentukan jarak dari tepi atas kertas ke isi header. Dan pada kotak isian Footer, tentukan jarak dari tepi bawah kertas ke isi footer.
~ Pada kotak pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan memakai margin baru.
~ Beri tanda atau klik kotak cek Mirror Margins, jika Anda ingin ukuran margin kiri pada halaman genap menjadi ukuran margin kanan pada halaman ganjil dan ukuran margin kanan pada halaman genap akan menjadi ukuran margin kiri pada halaman ganjil.
~ Lihat hasilnya pada kotak Preview, dan klik OK untuk menutup kotak dialog.
J. Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word. Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
~ Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
~ Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
~ Tekan Alt +F4. Berikut ini adalah semua Tombol Pintas Microsoft Word hingga Versi 2010
- Ctrl + A - Memilih semua teks.
- Ctrl + B - Menebalkan Huruf yang terpilih (Bold).
- Ctrl + C - Menyalin/menggandakan (Copy).
- Ctrl + D - Memilih Jenis Huruf (Font).
- Ctrl + E - Perataan tengah (Center).
- Ctrl + F - Temukan Kalimat/Huruf (Find).
- Ctrl + G - Pergi ke (go to).
- Ctrl + H - Temukan Kalimat dan Tindih (Find and Replace).
- Ctrl + I - Membuat cetak miring (Italic).
- Ctrl + J - Membuat rata kiri kanan/seimbang (Justify).
- Ctrl + K - Memasukkan Alamat tautan (Insert Hyperlink).
- Ctrl + L - Membuat teks rata kiri (Left).
- Ctrl + M - Menggeser penempatan paragraf ke kanan.
- Ctrl + Shift + M - Menggeser penempatan paragraf ke kiri.
- Ctrl + N - Membuat berkas baru (New).
- Ctrl + O - Membuka berkas (Open).
- Ctrl + P - Perintah mencetak berkas (Print).
- Ctrl + Q - Menghapus pengaturan yang telah dibuat.
- Ctrl + R - Membuat rata kanan (Right).
- Ctrl + S - Simpan (Save).
- F12 - Menyimpan kembali dengan nama yang sama atau berbeda (save as).
- Ctrl + T - Menggeser tabulasi bawah ke kanan.
- Ctrl + Shift + T - Menggeser tabulasi bagian bawah ke kiri.
- Ctrl + U - Membuat garis bawah (Underline).
- Ctrl + V - Tempel (Paste).
- Ctrl + W - Keluar dari berkas.
- Ctrl + X - Potong (Cut).
- Ctrl + Y - Mengembelikan perintah yang telah dibatalkan undo (Redo).
- Ctrl + Z - Membatalkan perintah sebelumnya (Undo).
- Del - Menghapus teks yang salah di bagian belakang.
- Back Space - Menghapus teks yang salah di bagian depan korsur.
- Alt + F4 - Keluar dari berkas (Exit)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar